Bandel, Pedagang dan Pengunjung Pasar Puger Banyak Tak Bermasker

by -

Jember, Motim – Petugas gabungan dari kepolisian dan Satpol PP, kian gencar melakukan operasi terhadap warga yang tidak menggunakan masker. Hal ini dilakukan untuk mendisiplinkan warga menggunakan masker guna mencegah penularan Covid-19. Sejumlah orang terjaring razia di Pasar Tanjung akibat tidak patuh terhadap protokol kesehatan. Mereka disanksi yaitu menyapu sampah alias bersih-bersih di jalan dan sekitar pasar, Senin (14/9).

Razia itu dilakukan untuk menegakkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 47 yang diterbitkan pada 25 Agustus 2020.

banner 728x90

Namun ternyata, masih banyak warga pinggiran yang belum patuh memakai masker. Seperti di kawasan Pasar Puger. Bahkan di beberapa toko emas, pelayan maupun pembeli yang berjubel juga tidak menggunakan masker.

Tidak hanya warga yang datang ke pasar, pengguna jalan yang melintas di depan Pasar Puger juga banyak tidak bermasker. Terlihat pasangan suami istri bersama anaknya, malah hanya istrinya yang memakai masker. Sementara anaknya yang berada di depan sendiri dibiarkan tidak bermasker.

Hal ini juga terlihat di dalam Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Puger, pedagang banyak yang tidak gunakan masker. Padahal petugas gabungan dari Polairud Polres Jember di Puger bersama UPT Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Puger sering melakukan penertiban.

Hanya berselang sebulan lebih dari penertiban itu, para pedagang ikan dan pengunjung TPI sudah tidak pakai masker lagi.

“Kalau terus mengandalkan petugas dan tidak ada kesadaran dari warga, maka percuma dilakukan penertiban. Seharusnya pedagang dan pengunjung TPI harus sadar dengan pakek masker,” kata Wanto, seorang warga dari Tanggul.

Disiplin adalah Vaksin masyarakat diharapkan mulai terlatih, mulai teredukasi untuk hidup tertib dan bersih. Disiplin ini sebenarnya Vaksinnya Corona.

“Tanpa kedisiplinan masyarakat, maka upaya pemerintah memutus mata rantai Covid-19 tidak akan maksimal. Bahkan terkesan sia-sia,” keluhnya. (sp)

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.