Berseragam PNS Tawarkan Bantuan Alat Pertanian, Ujung-ujungnya Nipu

by -

Jember, Motim-Unit Reskrim Polsek Arjasa meringkus Aris Catur Purnomo (40) warga Dusun Krajan, Desa Gunung Malang, Kecamatan Sumberjambe. Aris ditangkap karena diduga menipu beberapa orang dengan modus dapat menyalurkan bantuan alat pertanian. Yang menarik, Aris menggunakan seragam layaknya PNS agar meyakinkan para korban. Kerugian akibat kejadian itu mencapai puluhan juta rupiah.

Kanit Reskrim Polsek Arjasa Aipda Irwan menjelaskan, ada 7 orang korban dari aksi tersangka Aris ini. Mereka adalah Sukarso, Holik, Kusno, Kusnadi, Yadi, Mujiono, dan Muis. “Jumlah uang yang diserahkan korban kepada tersangka bervariasi. Total semuanya Rp 33.500.000,” jelas Irwan, saat dihubungi melalui Hpnya, Sabtu (25/09/2021).

banner 728x90

Menurut Irwan, tersangka mendatangi korban antara bulan Maret hingga Juni 2021 lalu. Tersangka mengaku mendapat tugas untuk menyalurkan bantuan alat pertanian berupa Cultifator, Handtractor, dan pompa air dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim. “Menurut tersangka, bantuan itu disalurkan melalui Bakorwil V Jember,” kata Irwan.

Saat menjalankan aksinya itu, lanjut Irwan, tersangka memakai seragam PNS dan mengaku sebagai pegawai kantor Bakorwil V Jember. “Karena tertarik, korban akhirnya membayar Rp 2,5 juta perpaket bantuan sekaligus foto copy KTP,” jelasnya.

Beberapa hari kemudian, tersangka datang lagi membawa surat berita acara. Tak hanya itu, tersangka juga membawa surat pendistribusian yang ditandatangani Ir Heru Nugroho. Kepada korban, tersangka menjelaskan bahwa permohonan bantuan sudah ditandatangani Kasi Pendistribusian dan tinggal menunggu waktu penyaluran. “Setelah ditunggu sekian lama, bantuan yang dijanjikan tidak datang. Akhirnya korban melapor ke kita,” ungkap Irwan.

Saat diinterogasi petugas, tersangka yang kabarnya Satgas salah satu partai politik ini mengakui bahwa surat berita acara dan surat pendistribusian itu adalah palsu. “Tersangka juga mengaku ada orang lain yang diduga terlibat dalam kasus ini, orang Probolinggo. Tentu, kita masih dalami keterangan tersangka ini,” pungkas Irwan. (sp)

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.