Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Peringati Hari Kartini Beri Penghargaan Tokoh Perempuan Khofifah Indar Parawansa

by -
Gubernur Jawa Timur Periode 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa bersama Pj Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Bobby Soemarsono, Pj Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur, Isye Sri Rahayu Adhy Karyono, dalam peringatan Hari Kartini 2024 yang diselenggarkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jawa Timur, di Surabaya, Senin (22/4/2024).

Surabaya Motim – Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan penghargaan kepada Gubernur Jawa Timur Periode 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa sebagai tokoh perempuan inspiratif, dalam peringatan Hari Kartini 2024 yang diselenggarkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jawa Timur, di Surabaya, Senin(22/4/2024).

Penghargaan yang diberikan kepada Khofifah Indar Parawansa diserahkan oleh Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Kependudukan (P3AK), Titi Eko Rahayu mewakili Menteri P3AK, Anak Bintang Puspayoga.

banner 728x90

Hadir dalam acara tersebut, Pj Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Bobby Soemarsono, Pj Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Timur, Isye Sri Rahayu Adhy Karyono, Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur (Asisten I Setdaprov Jatim) Benny Sampirwanto dan sejumlah kepala Perangkat Daerah (PD) Pemprov Jatim.

Dalam sambutannya, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan kepadanya. Dan dirinya berharap sesama perempuan saling menginspirasi, “ Sesungguhnya kita ini saling menginspirasi, sebab perempuan mempuanya keunggulan kompetitif dan keunggulan komperatif,” ujarnya.

Ia berharap refleksi Hari Kartini 2024 menjadi momentum untuk membangun suasana kedamaian dan keamanan bagi seluruh masyarakat yang tinggal di bumi ini. “Sebab, hal itu akan menjadi kekuatan perempuan di Indonesia, khususnya di Jawa Timur, guna membangun kehidupan yang lebih baik.”tambahnya.

Sementara itu, Pj Sekdaprov Jatim Bobby Soemarsono mengatakan bahwa jumlah perempuan di Jawa Timur separuh dari jumlah penduduk di Jawa Timur. Oleh karena perempuan mempunyai banyak kesempatan untuk mengakses dan berpartisipasi dalam pembangunan di Jawa Timur. ” Mari kita tingkatkan kualitas dan ksemptan perempuan di segala bidang agar perjuangan RA Kartini tidak sia-sia, sehingga akan semakin banyak perempuan hebat yang ikut berkiprah dan menajdi penyanggah pembangunan.” ujarnya.

Dikatakannya, berbicara tentang pembangunan yang respon gender, Jatim sudah responsif gender. Karena sejauh ini Jatim telah memiliki dasar hukum PUG melalui Perda No 9 Tahun 2019 tentang PUG dan dalam melaksanakan PUG ditidaklanjuti dengan Peraturan Gubernur Nomor 39 tahun 2020 yang merupakan penjelasan Perda Nomor 9 tahun 2019 tentang PUG.

Sementara itu, Kepala Dinas P3AK Jawa Timur, Tri Wahyu Liswati mengatakan Peringatan Hari Kartini 2024 diharapkan menjadi penyemangat perempuan di Jawa Timur menjadi perempuan yang berdaya dan pelopor kesetaraan gender dalam semua aspek pembangunan. “Perempuan di Jatim harus mampu berperan dibidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, ekonomi dan sosial,”ujarnya.

Peringatan Hari Kartini 2024 Pemprov Jatim diwarnai berbagai penampilan dari perempuan di Jawa Timur diantaranya adalah atraksi bela diri Jujitsu yang dilakukan oleh para Ojol perempuan di Surabaya untuk membekali diri dalam untuk mengantisipaso bahaya dirinya. (*/ady)

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.