Dishub Jatim Launching Pelayaran Perdana Penyebrangan Nasional Pelabuhan Jangkar – Lembar

by -

Surabaya Motim-PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menepati janjinya untuk membuka jalur pelayaran baru. Bersama Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemkab Situbondo jalur pelayaran baru tersebut yakni dari Pelabuhan Jangkar Situbondo langsung ke Lembar, NTB, bukan ke Celukan Bawang, Buleleng.

Jalur baru ini untuk mendukung peningkatan kegiatan ekonomi masyarakat dan kelancaran distribusi logistik Pulau Jawa dan Lombok sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2016 tentang Pedoman Pengelolan Barang Milik Daerah.

banner 728x90

Selain itu juga dalam rangka mendukung Keputusan Menteri Perhubungan nomor KM. 85 Tahun 2022 tentang Penetapan Lintas Penyeberangan Antarprovinsi Pada Pelabuhan Jangkar di Kabupaten Situbondo dan Keputusan Menteri Perhubungan nomor KM. 61 Tahun 2023 tanggal 4 Juli 2023 tentang Tarif Penyelenggaraan Angkutan Penyeberangan Kelas Ekonomi Lintas Antarprovinsi dan Lintas Antarnegara.

Dr.Nyono,ST,MT Kadishub Jatim

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi menyambut baik kesempatan yang diberikan kepada ASDP untuk ikut berkontribusi dalam pengelolaan pelabuhan dan kelancaran industri sektor logistik.

Transportasi itu konektivitasnya ke seluruh Indonesia, tidak hanya di daerah tertentu saja. Observasi kami melihat ada angka yang memprihatinkan dari Logistic Performance Index (LPI). Tahun 2018 Indonesia berada di ranking 45. Pada tahun 2023, LPI Indonesia turun di ranking 63 dari 139 negara. Merupakan sebuah kehormatan bagi kami karena kembali diberikan kepercayaan untuk ikut melayani dan memperbaiki sistem logistik Indonesia,” jelasnya dalam acara Pelayaran Perdana Penyeberangan Nasional Jangkar-Lembar, di Situbondo.

Adapun potensi lain yang dirasa mampu dikembangkan adalah peningkatan kegiatan ekonomi masyarakat sekitar Pelabuhan Jangkar dan Kabupaten Situbondo, serta potensi pembukaan lintasan jarak jauh Long Distance Ferry (LDF) ke pulau-pulau di Indonesia.

Dengan dibukanya lintas Jangkar-Lembar, masyarakat memiliki lebih banyak alternatif jalur menyeberang dari Jawa ke Nusa Tenggara Barat. Penetapan jadwal keberangkatan kapal di lintasan Jangkar-Lembar pada pukul 14.00 WIB dengan keberangkatan 2 kali seminggu dari Pelabuhan Jangkar dan Pelabuhan Lembar.

Jadwal tersebut masih bersifat tentatif bergantung pada perkembangan pasar.

“Saat ini, kami pastikan KMP. Jatra II dapat beroperasi. Untuk kedepannya, kami masih memantau minat pasar terhadap dibukanya lintasan baru ini. Ada kemungkinan penambahan layanan jadwal kapal menjadi setiap hari jika antusiasme pengguna jasa menggunakan jalur ini terus meningkat,” ungkapnya.

Ira menambahkan reservasi tiket bisa diakses melalui trip.ferizy.com sebagai_online ticketing platform_ milik ASDP. Pelayaran perdana ini menghadirkan KMP. Jatra II di Lintasan Jangkar-Lembar yang dipastikan siap beroperasi pada 15 Agustus 2023 dengan muatan kendaraan mencapai 35 ton.

ASDP akan terus hadir dengan pengelolaan layanan penyeberangan prima dan profesional. Bupati Situbondo Karna Suswandi menyampaikan lintasan baru Jangkar-Lembar memiliki potensi yang luar biasa.

Dengan dibukanya dermaga baru ini, waktu tempuh menuju ke Lembar akan menjadi lebih singkat yang artinya penggunaan bahan bakar pun akan berkurang.

“Ini adalah salah satu upaya kita dalam menekan angka inflasi. Kita berharap bahwa ini adalah awal dari berjayanya Kabupaten Situbondo dan Situbondo akan semakin Berjaya,” ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Dr.Nyono,ST.MT berpesan kepada pada operator untuk tetap melaksanakan pemuatan penumpang dan kendaraan dengan tertib sesuai SOP dan tetap mengutamakan keselamatan bagi para penumpang.

“Tidak hanya operator, penumpang juga dihimbau untuk mentaati peraturan dan menjaga ketertiban serta keamanan selama di perjalanan. Dengan adanya pengelolaan dari ASDP, maka akan memberikan pelayanan yang lebih prima ke depannya,” tuturnya selaku Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur.(ady)

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.