ESDM Jatim Bersama SKK Migas dan Petronas Gelar Sosialisasi Survei Geophysical dan Geotchnical Untuk Pengembangan Lapangan Eksplorasi Hidayah

by -

Surabaya Motim – Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur bersama SKK Migas dan Petronas menggelar sosialisasi survei Geophysical dan Geotchnical untuk Pengembangan Lapangan Eksplorasi Hidayah oleh PC North Madura II Ltd. Dimana sosialisasi ini dilaksanakan di kantor ESDM Provinsi Jatim jalan Tidar Surabaya, Selasa (12/9/2023) yang dihadiri langsung dari Kodam V Brawijaya, TNI AL, Otoritas kepelabuhan Indonesia, Nelayan, dan pemkab Sampang, serta BUMD, OPD lingkungan Provinsi Jatim.

banner 728x90

Kepala Dinas ESDM Provinsi Jatim, Dr.Nurkholis,S.Sos , M.SI, CIPA, CIHCM melalui Sekertaris Dinas Oni Setiawan mengatakan pertama pihaknya mengajak kepada semua masyarakat dan juga yang hadir di sosialisasi ini untuk mengucapkan syukur dan alhamdulillah karena di Provinsi Jatim dikarunia kekayaan alam yang begitu melimpah yaitu minyak mulai exxon mobil di Bojonegoro dan yang kedua proyeksi minyak baru di lapangan hidayah Kabupaten Sampang Madura. “Dengan adanya penemuan minyak baru di kabupaten Sampang ini membawa masukan pertumbuhan ekonomi di kabupaten Sampang dan Provinsi Jatim menjadi meningkat dan lebih baik lagi. Dan juga membawa PAD meningkat,” tutur Oni yang mewakili Kadis ESDM.

Lebih lanjut, pihak ESDM juga mengapresiasi kepada pihak SKK Migas dan Petronas yang telah memberikan bantuan ke Provinsi Jatim dan kabupaten Sampang. Baik melalui program CSR nya serta memberikan bantuan ke korban bencana alam di Jatim. Begitu juga pihak ESDM mengucapkan terima kasih kepada Petronas yang telah melakukan kerjasama sosialisasi ke masyarakat di Sampang Madura mulai proses pemulaan pengexploran minyak, hingga sekarang tindaklanjut dari hasil pengeboran minyak tersebut.

“ESDM juga berharap kepada pihak PC North Madura II bisa memegang komitmennya dapat menyelesaikan kewajibannya kepada pemerintah kepada pemkab dan Pemprov terkait bagi hasilnya bisa dibayar tepat waktu. Mengingat pada 2027 produksi minyak mulai dilakukan yaitu 9.000 perbarel minyak,” terangnya.

Sementara itu perwakilan SKK Migas, Nurwahidi mengatakan SKK migas bersama Petronas telah melakukan peninjauan lokasi bahwa di wilayah lapangan hidayah kabupaten Sampang di Madura telah ditemukan cadangan minyak yang melimpah. Yaitu 7000-9000barel per hari (bopd), Gas sekitar 30mm (sesuai permintaan) kemudian untuk mensupply PJB sekitar 15mm dan mengalokasikan gas kepada PLN atau Kementerian ESDM.

“Maka itu kami mengundang pihak pemangku baik kabupaten Sampang, Provinsi dan pemerintah pusat vertikal. Bahwa pada september minggu ke empat SKK Migas dan Petronas akan melakukan survei Geophysical dan Geotchnical bawah laut menggunakan kapal laut. Survei Geophysical lama pekerjaan lima hari, sedangkan Geotchnical selama 22 hari. Kami berharap semua steakholder bisa mendukung survei tersebut, sehingga proses explosari minyak bisa teralisas dengan cepat dan tepat waktui,”pungkasnya.(ady)

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.