Masjid Al-Akbar Terima Sapi Kurban Dari Presiden Seberat 1,242 Ton

by -

Surabaya, Motim-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyumbang sapi jenis limousin untuk kurban Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriyah di Masjid Nasional Al Akbar Kota Surabaya.

Sapi ini diserahkan kepada panitia kurban di masjid terbesar di Jawa Timur itu, Rabu (21/07/2021).

banner 728x90

Dalam unggahan itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menulis keterangan sedang mengecek kesiapan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di Masjid Nasional Al-Akbar Kota Surabaya.

“Presiden Jokowi menyumbangkan seekor sapi jenis limousin asal Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo dengan berat 1,24 ton untuk masyarakat Jatim. InsyaAllah, sapi ini akan disembelih bersama dengan hewan kurban lainnya H+1 Idul Adha atau Rabu (21/7),” terangnya.

Helmy Muhammad Noor Humas Masjid Al-Akbar Surabaya mengatakan, Presiden Jokowi berkurban seekor sapi di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya pada peringatan Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah tahun ini. Sapi jenis Limousin tersebut dibeli dari peternak asal Kabupaten Probolinggo bernama Dandy Narindra Prabowo.

“Sapi dibeli dari peternak asal Desa Sukapura, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, bernama Dandy Narindra Prabowo,” jelasnya saat dikonfirmasi, Minggu (18/7/2021) malam.

Sapi tersebut sudah tiba di halaman Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya pada Minggu sore.

Hewan kurban yang disumbangkan Presiden Jokowi itu memiliki berat 1.242 kilogram atau lebih dari 1,2 ton serta memiliki lingkar dada 235 sentimeter, panjang badan 194 sentimeter, tinggi gumba 154 sentimeter, dan lebar pinggul 71 sentimeter.

Sapi tersebut rencananya disembelih pada H+1 Hari Raya Idul Adha atau pada Rabu (21/7/2021).

Selama tiga hari dirawat di halaman masjid, akan ada enam petugas khusus yang disiagakan mengawasi sapi tersebut.

“Secara bergantian, mereka akan menjaga sapi selama 24 jam. Tugasnya bagaimana sapi merasa nyaman dan bahagia sebelum disembelih,” terang Helmy.

Selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat, dia yakin hewan kurban di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya tidak stres karena tak dilihat banyak orang.

“Selama PPKM darurat pintu gerbang masjid ditutup total,” imbuhnya.

Seperti tahun sebelumnya, daging kurban yang dihimpun Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya akan langsung dibagikan langsung kepada warga yang membutuhkan secara door to door.

Selain sapi kurban milik Presiden Jokowi, sapi kurban milik Muspida Jatim yakni Kapolda, Pangdam V Brawijaya, Wakil Gubernur Jatim, Sekdaprov Jatim, Kepala Kejaksaan Tinggi Jatim, dan Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya juga akan disembelih di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya. (ady)

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *