Peringati Hari Lansia, Dinkes Berikan Vaksin Dan Pemeriksaan Kesehatan Bagi Ribuan Lansia

by -
Vaksin Covid-19 Bagi Lansia dan Pemeriksaan Kesehatan Peringati Hari

Surabaya, Motim-Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Pemerintah kabupaten Sidoarjo dan PT. Mitra Pinasthika Mulia (MPM) Honda, menyelenggarakan Vaksinasi untuk 1000 Lansia dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional,  Sabtu (05/06) di Gedung MPM Learning Center, Sedati, Sidoarjo.

Selain vaksinasi, juga dilaksanakan pemeriksaan katarak bagi 200 lansia dan pemeriksaan gula darah bagi 300 lansia.

banner 728x90

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, dr. Herlin Ferliana, M.Kes. menuturkan bahwa kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional yang diperingati setiap tanggal 29 Mei.

“Dengan mengusung tema ‘Bersama Lansia, Keluarga Bahagia’, kita memberikan ucapan terima kasih kepada para lansia dalam bentuk pemberian vaksinasi dan pemeriksaan kesehatan,” tuturnya, Sabtu (05/06/2021).

Berdasarkan data per 3 Juni 2021, dari total 155.505 orang terkonfirmasi positif Covid di Jatim, terdapat 26.162 orang lansia atau sebesar 16,8% yang  terpapar Covid-19. Dan jumlah kematian Covid  lansia sebesar 5.131 atau 44,47%  dari total angka kematian di jatim akibat Covid-19 yg berjumlah 11.478 orang.

“Angka kematian lansia akibat Covid-19 di Jawa Timur cukup tinggi. Oleh karena itu menjadi tanggung jawab kita semua untuk melindungi para lansia dan mengendalikan angka kematian tersebut,” terangnya.

Dengan bertambahnya usia, proses degeneratif para lansia mulai terjadi, sehingga mereka tidak sekuat dan sesehat anak-anak muda.

“Oleh karena itu, untuk melindungi para lansia, kita lakukan percepatan vaksinasi Covid-19 bagi mereka dan terus menekankan agar selalu menjalankan protokol kesehatan dengan 5 M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan,” jelas Herlin.

Dari target vaksinasi lansia di Jatim yang jumlahnya 2.551.443 orang lansia, hingga saat ini, yg sudah tervaksinasi masih 604.926 orang lansia, atau sekitar 23,71%. Oleh karena itu, perlu strategi-strategi, inovasi, kerja keras dan kerja cerdas untuk melakukan percepatan vaksinasi lansia.

“Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya kepada Pemkab Sidoarjo, Tim Penggerak PKK, Dinkes Sidoarjo, Forkopimda Sidoarjo serta MPM Honda atas usahanya dalam menghimpun dan mensukseskan vaksinasi untuk 1000 lansia saat ini,” katanya.

Sasaran vaksinasi berasal dari beberapa wilayah puskesmas di Sidoarjo, antara lain Puskesmas Waru, Medaeng, Sedati, Gedangan dan Buduran. (ady)

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *