Polsek Mayang Latih Puluhan RK Pemulasaran Jenazah Covid-19

by -
Petugas Polsek Mayang saat memberikan pelatihan puluhan RK pemulasaran jenazah Covid-19.

Jember, Motim-Polsek Mayang memberikan pelatihan pemulasaran jenazah Covid-19, terhadap 20 pengurus Rukun Kematian (RK), di balai Desa Mrawan, Kecamatan Mayang, Rabu (21/07/2021). Pelatihan ini akan diselenggarakan di desa lainnya secara bertahap.

Kapolsek Mayang Iptu Bejoel Nasution menjelaskan, melihat perkembangan yang meninggal dunia akibat covid-19, Polsek Mayang merasa perlu memberikan pelatihan pemakaman jenazah covid-19 terhadap RK yang ada di setiap desa.

banner 728x90

“Hari yang pertama kita mengawali pelatihan bagi pengurus rukun kematian se Desa Mrawan. Secara bertahap pelatihan serupa juga akan diberikan kepada pengurus rukun kematian di desa lainnya,” ungkap Bejoel, kemarin.

Dalam pelatihan tersebut, peserta diberi pelatihan mulai dari penyiapan dan pemakaian APD lengkap, penyemprotan disinfektan pada tiap kali pembungkusan jenazah menggunakan plastik, proses pengafanan, dan proses memasukkan jenazah ke dalam peti.

“Peserta juga diberi pelatihan tata cara melepaskan APD lengkap pasca pemakaman serta pembuangan limbah ke tempat yang aman,” jelasnya.

Bejoel berharap, dengan adanya pembekalan ini peserta bisa membantu petugas selama proses pemulasaran jenazah Covid-19, sehingga dapat selesai dengan cepat.

“Proses pemakaman dengan cepat dengan melibatkan pengurus rukun kematian di lingkungan setempat, dapat mencegah upaya perebutan paksa oleh keluarga jenazah,” pungkasnya. (sp)

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *