Puluhan Nakes di Puskesmas Silo Terpapar Covid-19

by -
Muspika Kecamatan Silo saat koordinasi penutupan sementara UGD Puskesmas Silo.

Jember, Motim-Layanan Unit Gawat Darurat (UGD) Puskesmas Silo 2 pada hari Rabu (21/07/2021) sore, terpaksa ditutup. Hal ini menyusul puluhan tenaga kesehatan di Puskesmas tersebut terpapar Covid – 19.

Kepala Puskesmas Silo dr Adi Widjaja mengatakan, dalam 3 hari terakhir tenaga kesehatan di Puskesmas sudah ada sebanyak 26 orang yang terpapar covid-19.

banner 728x90

“Setelah kita lakukan identifikasi sejak Senin lalu ada 11 orang dan perhari ini ada sebanyak 26 orang yang sudah terpapar covid-19,” ujar Adi, saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Rabu (21/07/2021) siang.

Untuk tenaga kesehatan di Puskesmas Silo ada sebanyak 78 orang, sementara ini kondisinya untuk tenaga kesehatan di UGD semua terpapar covid-19. Sehingga sementara waktu akan dilakukan penutupan, namun akan meminta petunjuk dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jember terlebih dahulu.

“Kami masih akan meminta petunjuk dari Dinkes, karena Nakes kita di UGD semua terpapar, jadi sore ini (kemarin, red) sementara akan kita tutup,” imbuhnya.

Adi menjelaskan, untuk 26 orang yang terpapar covid-19 kondisinya saat ini masih melakukan Isolasi Mandiri (Isoman) dan sudah disuplai obat-obatan dari Dinas Kesehatan untuk para nakes yang terpapar.

“Sudah dapat obat-obatan dari Dinkes dan kita minta semua untuk melakukan isoman dahulu,” tuturnya.

Akibat peristiwa ini lanjut Adi, untuk sementara puskesmas Silo tidak dapat melayani rawat inap. Pelayanan hanya diberikan untuk kesehatan Ibu dan anak serta IGD. Bahkan karena seluruh nakes IGD juga terpapar, per hari ini IGD hanya buka pagi dan siang hari, tetapi untuk sore dan malam hari terpaksa harus tutup. (sp)

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *