Sempatkan Upacara Bendera di Sela Siapkan Makanan untuk Warga Isoman

by -

Jember, Motim-Sebanyak 30 relawan dari masyarakat yang menamakan dirinya Solidaritas Insan Demokrasi (SOLID), melaksanakan upacara bendera untuk memperingati HUT RI ke-76.

Upacara yang digelar sekitar pukul 9 pagi itu, dilaksanakan di tengah para relawan menyiapkan makanan siap saji, bagi masyarakat Jember khususnya wilayah Kecamatan Kaliwates, yang sedang menjalani Isolasi Mandiri (Isoman).

banner 728x90

Pelaksanaan upacara bendera itu dilaksanakan di Lapangan Lingkungan Kedungpereng, Kelurahan Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates, Jember, Selasa (17/8/2021) pagi.

Menurut salah seorang relawan SOLID yang didaulat sebagai Komandan Upacara, Moch. Yustaniar. Kegiatan upacara bendera ini sebagai bentuk membakar semangat para relawan, yang peduli sesama menyiapkan makanan siap saji bagi masyarakat Jember yang sedang menjalani Isoman.

“Karena apa yang kami lakukan, mungkin bisa dikatakan sebagai bentuk perjuangan bagi sesama yang saat ini berjuang melawan virus Covid-19,” kata Yustaniar saat dikonfirmasi usai kegiatan upacara.

Terlepas digelar dalam suasana sederhana dan tanpa protokoler upacara bendera sebenarnya. Namun kata Yustaniar, nilai perjuangan dan filosofi dari mensyukuri kemerdekaan adalah yang ingin ditanamkan di hati para relawan.

“Karena lewat upacara ini, kita ingin menyemangati para relawan. Bahwa perjuangan tidak hanya dilakukan pada zaman penjajahan dulu. Tapi saat pandemi Covid-19 ini, kita juga kembali berjuang untuk bebas dari virus yang sudah dua tahun kita alami ini,” tegasnya.

“Teriring juga doa, semoga pandemi ini segera berakhir,” imbuhnya.

Pantauan di lokasi kegiatan, para peserta upacara melaksanakan kegiatan juga dengan memakai sarung dan peci. Tak lupa protokol kesehatan memakai masker dan jaga jarak, juga dilakukan para peserta upacara itu.

Yang menurut mereka, sebagai karakter masyarakat Jember yang agamis dan juga disebut sebagai Kota Santri.

“Jember kan dikenal dengan kota santrinya. Yang dulu para santri juga ikut berjuang untuk meraih kemerdekaan. Makanya kami memakai sarung sebagai pengingat, bahwa semangat santri juga ikut kami rasakan untuk mengobarkan semangat kemerdekaan,” tandasnya.

Setelah dilakukan upacara, para relawan itu melanjutkan kegiatan menyiapkan makanan siap saji bagi masyarakat yang isoman.

Terpisah, menurut Ketua Relawan SOLID Budiantoro, meskipun sudah melakukan upacara. Tetap niat dan tujuan awal dilakukan yakni menyiapkan makanan siap saji.

“Alhamdulillah sampai hari kelima ini, kegiatan kami masih berjalan. Kita menyiapkan 300 sampai 400 porsi makanan siap saji, pagi dan malam,” ujar Budiantoro menambahkan.

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.