Wabup Sampaikan Pesan Mendagri pada Peringatan Hari Otonomi Daerah

by -

Bondowoso, Motim
Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat memimpin upacara peringatan hari Otonomi Daerah (Otda) ke 27 tahun 2023 yang mengusung tema “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul”, Sabtu (28/4/2023) di Alun-alun Raden Bagus Asra Ki Ronggo.
Di hadapan Forkopimda, Sekretaris Daerah, Asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat dan staf dilingkup Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Irwan Bachtiar membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian..
Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati sejenak mengajak untuk kembali mengengang sejarah, tonggak pelaksanaan otonomi daerah yang diawali melalui Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 1995.
Pemerintah pusat kala itu menyerahkan sebagian urusan pemerintahan kepada 26 Daerah Tingkat II percontohan. Akhirnya muncul Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 1996 yang menetapkan tanggal 25 April sebagai Hari Otonomi Daerah.
“Tujuan dilaksanakannya Otda sejatinya untuk menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal, dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) serta memacu terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan,” kata Wabup Irwan.
Dalam sambutan tersebut disampaikan apresiasi dan terima kasih kepada daerah-daerah otonom baru, yang telah berhasil meningkatkan PAD dan kemampuan fiskalnya.
“Peningkatan tersebut diharapkan agar dimanfaatkan untuk program-program pembangunan dan untuk meningkatkan kesejahterakan masyarakat,” tegas Irwan Bactiar.
Sesuai himbauan Mendagri untuk daerah yang masih rendah PAD-nya agar dapat melakukan terobosan dan inovasi guna menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah, serta peningkatan bagi PAD bahkan melebihi TKDD, tanpa melanggar hukum dan norma yang ada serta tidak memberatkan rakyat.
“Disinilah ujian sekaligus pembuktian kemampuan leadership dan entrepreneurship untuk menangkap peluang yang ada oleh seluruh kepala daerah di Indonesia,” terang Irwan saat membacakan sambutan Mendagri.
Politisi PDI Perjuangan ini juga mengutarakan pesan Mendagri, di momentum peringatan hari Otda agar dapat berdoa bersama sehingga apa yang menjadi tujuan Otda sebagaimana filosofi pembentukannya dapat terwujud di semua daerah.
“Di samping kita harus mampu menjaga stabilitas harga sehingga tidak terjadi inflasi yang dapat memberatkan masyarakat. Kunci yang utama untuk mencapai itu ada pada unsur sumber daya manusia, terutama sisi ASN yang berintegritas, professional, kompeten dan dapat bekerjasama secara berkolaboratif,” pungkas Irwan. (Rzq/Ich)

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.