Warga Tangkap Pria Diduga Hendak Mencuri di di Masjid

by -

Jember, Motim-Seorang laki-laki berinisial YD warga Desa Lengkong, Kecamatan Mumbulsari menjadi korban amuk massa warga Dusun Langsatan, Desa Sukamakmur, Kecamatan Ajung, Rabu (9/6/2021). Pasalnya, pria berumur 30 tahun itu diduga hendak mencuri alat mixer (pengeras suara) yang ada di dalam Masjid Baitul Mustaqim dusun setempat.

Aksi amuk massa yang dialami pelaku itu, diketahui terekam dalam bentuk video amatir dan tersebar di media sosial whatsapp. Berdurasi 1 menit 55 detik.

banner 728x90

Dalam video itu, tampak sejumlah orang yang belakangan diketahui adalah warga dusun setempat. Mengamankan pelaku dan membawanya ke Mapolsek Jenggawah.

Terkait kejadian ini, Kapolsek Jenggawah AKP Ma’ruf melalui Kanit Reskrim Polsek Jenggawah Aiptu Akhmad Rinto, membenarkan adanya kejadian maling yang diamankan warga tersebut.

“Saat itu ada penyerahan dari beberapa warga, seseorang diduga melakukan pencurian peralatan sound di dalam Masjid Baitul Mustaqim Dusun Langsatan, Desa Sukamakmur, Kecamatan Ajung,” kata Rinto saat dikonfirmasi sejumlah wartawan melalui ponselnya.

Rinto menjelaskan, saat itu pelaku tertangkap warga saat akan mengambil mixer (alat pengeras suara) di dalam masjid. Tertangkapnya pelaku itu, berawal dari kecurigaan salah seorang takmir masjid yang mengetahui pelaku tiba-tiba masuk ke dalam masjid.

“Padahal Salat Zuhur belum dimulai, pelaku ini tiba-tiba masuk ke dalam masjid. Karena curiga, takmir masjid yang saat itu sedang bersih-bersih menyapu, mengintai pelaku. Saat diikuti, pelaku kepergok akan membawa mixer itu. Kemudian ditegur, dan mixer tidak sempat dibawa. Pelaku pun langsung kabur,” jelasnya.

Karena curiga, pelaku diteriaki maling dan warga yang mendengar berdatangan ke masjid untuk mengejar.

Dalam pengejaran itu, pelaku tersebut lari ke arah sungai kecil belakang masjid tersebut. Pelaku pun berhasil ditangkap dan diamankan warga.

“Kemudian diamankan warga dan dibawa ke Mapolsek Jenggawah,” katanya.

Kini pelaku mendekam di sel tahanan Mapolsek Jenggawah. “Saat ini masih dalam proses lidik dan melengkapi bahan keterangan,” tandasnya.

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *