Jember, Motim-Masa penerimaan pendaftaran CPNS di Kabupaten Jember sudah ditutup pada tanggal 26 Juli 2021, selanjutnya akan dilakukan masa sanggah dan melakukan tes secara luring.
Namun dalam tes nantinya, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) Kabupaten Jember masih menunggu instruksi panitia seleksi pusat tentang syarat pelaksanaannya apakah menyertakan kartu hasil swab atau tidak.
“Nantinya teknis pelaksanaan tes akan dilakukan secara luring di satu tempat di Gedung Serba Guna, dan untuk syaratnya secara SOP harus menunjukan surat swab antigen negatif tetapi masih belum ada informasi lebih lanjut dari pusat,” ujar Plt Kepala BKPSDM Sukowinarno, saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Jumat (30/07/2021).
Sementara waktu, pihaknya menyiapkan perlengkapan, seperti tempat cuci tangan, alat pengukur suhu badan dan juga masker yang digunakan saat ujian nantinya.
“Sementara kita siapkan alat suhu badan dan lainnya, sembari kita menunggu instruksi lebih lanjut,” imbuhnya.
Sukowinarno menjelaskan, proses seleksi nantinya akan dilakukan dengan dibagi menjadi 3 shift setiap harinya dan setiap satu shift maksimal hanya 200 peserta.
“Jadi sehari kita bisa selesaikan 600 orang tes dan itu nanti akan dilakukan berjarak tempat duduknya minimal 2 meter,” tuturnya.
Belum adanya instruksi dan syarat negatif swab antigen yang dibawa oleh peserta CPNS pada saat tes, pihaknya menilai hal itu dapat membebani peserta.
“Tapi karena kondisinya seperti ini, maka mau tidak mau syarat tersebut harus ada agar meminimalisir penyebaran covid-19. Tetapi kita masih menunggu instruksi dari Pemerintah Pusat keputusannya,” jelasnya.
Jadwal selanjutnya pasca penerimaan yakni masa sanggah dari hasil verifikasi hingga tanggal 6 Agustus 2021 mendatang.
Berdasarkan data yang dikumpulkan, Pemerintah Kabupaten Jember mendapatkan kuota CPNS sebanyak 4.305 formasi dengan rincian formasi CPNS 634 dan formasi PPPK 3.671.
Sedangkan total pendaftar saat ini mencapai formasi CPNS 4.677 pendaftar dan 4.401 formasi PPPK total pendaftar sebanyak 9.078 orang. (sp)