Vaksinasi Booster untuk NakesTercapai 51 Persen

by -

Tahap vaksinasi dosis ketiga (booster) menggunakan moderna bagi tenaga kesehatan (nakes) di wilayah Kabupaten Jember, saat ini tengah dilakukan oleh Dinkes Jember.

Kurang lebih 51 persen nakes di Kabupaten Jember sudah melakukan vaksinasi tersebut.

banner 728x90

Vaksin dosis ketiga itu, diberikan minimal 3 bulan setelah dilakukan vaksin dosis kedua.

“Untuk booster, hanya untuk nakes dulu,” kata Plt. Kepala Dinkes Jember Wiwik Supartiwi.

Saat ini tercapai 51 persen nakes yang mendapat vaksin booster tersebut.

“Untuk nakes Jember kurang lebih 4000 an orang atau 51 persen, yang menjalani (mendapat, red) vaksinasi ketiga dengan Moderna. Itu Alhamdulillah sudah dilakukan, (dengan syarat) memberikan pakta integritas, bahwa mereka sudah menyelesaikan vaksinasi kedua,” ujarnya.

Nantinya setelah dilakukan vaksinasi bagi nakes ini. Baru dilanjutkan bagi masyarakat.

“Untuk masyarakat umum saat ini kita sosialisasikan dulu, dengan pelaksanaannya nanti di rumah sakit. Kerjasama dengan 13 rumah sakit yang menjadi fasilitas kesehatan (faskes) untuk melakukan vaksinasi,” ujarnya

“Sehingga sebelum dilakukan vaksinasi, akan dijelaskan dari manfaat vaksinasi moderna itu, efek samping atau KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi)nya. Sehingga jika merasakan efek samping (setelah) vaksin, Sudah tidak kaget,” sambungnya.

Namun demikian, saat ditanya sudah berapa persen masyarakat yang divaksin? Diakui oleh Wiwik saat ini masih tercapai 16,90 persen.

“Itu diketahui dari pelaksanaan vaksin dosis pertama. Yakni secara jumlah ada 337.893 masyarakat Jember yang sudah tervaksin,” sebutnya.

Terkait target untuk mencapai herd imunity, dengan jumlah penduduk Jember kurang lebih 2,53 juta orang. Kata Wiwik, 70 persen masyarakat Jember harus sudah tervaksin semua.

“Kurang lebih (targetnya) 1,77 juta masyarakat harus tervaksin semua. Tapi kalau dari Kemenkes yang di dashboard KPCPEN targetnya 1,99 juta Penduduk,” ujarnya.

Sehingga pihaknya berupaya untuk bisa melakukan vaksinasi secara merata mencapai target 70 persen tersebut.

“Sedangkan untuk jumlah masyarakat yang sudah tervaksin dosis 1,2, dan 3, jumlahnya sebanyak 505.528 orang atau tercapai 25,28 persen,” pungkasnya.

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.