Capaian Vaksinasi Puskesmas Masih Rendah

by -

Jember, Motim-Bupati Jember Hendy Siswanto melakukan berbagai upaya agar vaksinasi di Jember segera mencapai target 70 persen atau herd immunity. Namun sayangnya, masih ada beberapa puskesmas yang capaian vaksinasinya masih rendah.

Anggota Komisi D DPRD Jember Ardi Pujo Prabowo, mengaku menemukan beberapa puskesmas yang capaian vaksinnya masih sangat rendah, sehingga wajar jika kemudian Jember naik lagi ke PPKM level 3.

banner 728x90

“Sebab yang menjadi acuan bukan hanya jumlah pasien tetapi juga capaian vaksinasi,” kata Ardi, Jumat (8/10/2021).

Ardi mencontohkan Puskesmas Sumberjambe, yang sampai saat ini dari 44 ribu orang penduduk, baru menyelesaikan 8 persen. Kondisi inilah menurut Ardi yang menyebabkan Jember kembali naik ke level 3.

“Sebab secara keseluruhan Kabupaten Jember baru mencapai 28 persen,” ungkap politisi Partai Gerindra ini.

Pemerintah pusat mensyaratkan vaksinasi mencapai 50 persen untuk level 2, dan 70 persen untuk level 1 dari total 1,9 juta penduduk Jember.

Untuk itu Komisi D merekomendasikan Kepada Dinas Kesehatan, untuk lebih memaksimalkan kader posyandu untuk mempercepat target vaksinasi.

Selain upaya percepatan vaksinasi, Ardi tetap mengimbau masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Meski penjumlahan kasus tidak lagi menjadi satu-satunya indikator penentuan level PPKM, bukan berarti penerapan protokol kesehatan menjadi longgar,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Jember kembali naik ke PPKM level 3, meski jumlah pasien sudah jauh menurun. Bahkan semua rumah sakit sudah tidak ada pasien covid, tempat isolasi terpusat juga sudah kosong. Tetapi capaian vaksinasi Jember masih sangat rendah. Padahal stock vaksin per 6 Oktober masih ada 30 ribu dosis. (sp)

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.