Truk Fuso Terguling Timpa L300 dan Warung

by -

Jember, Motim-Kecelakaan lalu lintas terjadi di jalur utama Kecamatan Kalisat – Sukowono, tepatnya di barat perlintasan rel kereta api Dusun Krajan, Desa Ajung, Kecamatan Kalisat, Selasa (30/11/2021).

Kecelakaan lalu lintas itu dialami truk Fuso berpelat N 9044 UR bermuatan kayu sengon. Truk terguling menimpa Mobil L300 nopol P 8026 SX yang sedang parkir. Selain itu, badan truk juga menimpa bangunan warung es yang sedang tutup.

banner 728x90

Tidak ada korban dalam kejadian kecelakaan lalu lintas itu. Namun arus lalu lintas di lokasi kejadian sempat macet.

Diketahui dari lokasi kejadian, kecelakaan itu diduga akibat jalan berlubang. Di mana saat itu truk fuso terguling setelah melaju dan berusaha menghindari jalan berlubang di kiri jalan.

“Saat itu saya berjalan (melaju) dari arah timur ke barat, setelah ada kereta lewat. Kan jalan ini lewat perlintasan rel kereta api dari Stasiun Kalisat,” kata Pengemudi Truk Fuso Danu Pujianto (20) warga Dusun Persil, Desa Nogosari, Kecamatan Rowokangkung, saat dikonfirmasi di lokasi kejadian.

Truk Fuso saat itu, sedang mengangkut muatan tumpukan kayu sengon yang dibawa dari Desa Sumberjambe menuju Kabupaten Lumajang.

“Bebannya (muatan Kayu Sengon) kurang lebih 27 kubik, biasanya 29 kubik,” sambungnya.

Danu mengatakan, setelah melewati perlintasan kereta api arus lalu lintas saat itu padat merayap.

“Karena banyak motor dan mobil. Saya pun berjalan pelan. Jarak kurang lebih 10 meter (dari perlintasan rel kereta api), ada jalan rusak di kiri jalan saya menghindar ke kanan. Setelah itu truk saya belokkan ke kiri dan oleng (ke kiri). Saat jalan (melaju) saya tidak ngebut, kurang lebih 20 km/jam,” jelasnya.

Namun karena kurang awas dan tidak mampu mengendalikan laju truk fuso, Truk itu pun oleng ke kiri dan menimpa mobil L300 yang sedang parkir dekat warung es di kiri jalan.

“Saat oleng ke kiri, langsung menimpa mobil (L300) itu. Juga kena warung (es) tutup. Saya bersama 2 kernet dan tadi langsung keluar dari dalam truk dibantu warga,” katanya.

Untuk mobil L300 yang tertimpa truk fuso posisinya sedang parkir.

“Saat itu saya sedang markir mobil untuk memperbaiki radiator. Posisi mobil di kiri jalan, dan dekat warung (es) tutup itu. Tiba-tiba truk (fuso) itu terguling dan menimpa mobil saya. Alhamdulillah saya dan istri tidak ada di mobil. Jadi kita selamat,” kata Jupri (30) pengemudi mobil L300.

Pria warga Dusun Pandian, Desa Sumberpakem, Kecamatan Sumberjambe itu mengatakan, laju truk fuso itu cukup kencang.

“Kalau yang saya tahu agak ngebut, terus tiba-tiba terguling ke kiri dan menimpa mobil dan warung itu. Tidak ada korban, tapi saya menunggu mobil saya dievakuasi ini. Karena posisinya tertimpa dan terjepit (badan) truk fuso itu,” sambungnya.

Anggota polisi dari Mapolsek Kalisat dibantu Unit Laka Lantas Polres Jember sudah berada di lokasi kejadian untuk melakukan olah TKP dan membantu pengaturan arus lalu lintas.

Karena kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB, yang diketahui saat itu arus lalu lintas cukup padat. Untuk melancarkan arus lalu lintas, diberlakukan aturan buka tutup arus agar kendaraan yang melintas dapat lancar dan aman.

“Kita masih olah TKP dan mengatur lalu lintas. Mohon waktu untuk mengumpulkan bahan keterangan,” kata salah seorang anggota Unit Laka Lantas Polres Jember yang enggan disebutkan namanya. (*)

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.