Petugas Damkar Evakuasi Sarang Lebah Sebesar Kepala

by -

Situbondo, Motim-Aksi berani dilakukan petugas pemadam kebakaran (damkar) Pemkab Situbondo, mengevakuasi sarang lebah berukuran besar di rumah salah seorang warga Kelurahan Patokan, Kecamatan Kota, Sabtu (18/12/2021) malam.

Bahkan, hanya dalam jangka waktu  20   menit, petugas damkar Pemkab Situbondo berhasil mengevakuasi sarang lebah yang berada rumah Suparni.

banner 728x90

Sang pemilik rumah mengatakan, dirinya sengaja memanggil petugas damkar agar membantu mengambil sarang tawon jenis pespa. Sebab, sarang tersebut berada di atap rumah bagian depan.

“Saya panggil petugas  damkar, soalnya takut kenak sengat. Alhamdulillah bisa diambil, karena bersarang di depan,” ujar perempuan 61 tahun itu, Minggu (19/12/2021).

Ahmad Imam  Busyairi  ketua regu perugas Damkar  mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari warga kalau ada tawon yang cukup berbahaya. Mendengar laporan tersebut dirinya bersama empat anak buahnya langsung mendatangi rumah pelapor.

“Sesampainya di sana kami kaget. Soalnya sarang tawonnya cukup besar, kalau dibandingkan dengan kepala orang dewasa masih besaran sarang tawon itu,” kata imam.

Menurut dia, meski  sempat mengalami kesulitan saat hendak mengambil sarang tawon, yang bergantung di atap bagian depan rumah  milik Suparni, namun, petugas akhirnya berhasil.

“Saat  sarangnya diambil tawonnya langsung nyerang. sehingga anggota kami takut dan melepaskan. Tawon itu berhasil dibungkus rapat, setelah  tawonnya kembali ke dalam sarang. Dalam penangkapan itu kita memakai pengaman menggunakan baju pelastik. Untuk waktunya, kita hanya butuh 20 menit,” imbuh Imam.

Imam menegaskan, kalau tawon itu sudah menyengat salah satu anak tetangga pemilik rumah, akibat sengatan itu si anak menangis histeris.

“Kata tetangganya, tidak hanya satu sengatan, soalnya selain di tangan juga ada dibagian kepalanya,” pungkasnya. (fat/ed)

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.