BKD Jatim Pastikan SKB CPNS Awal September

by -
Seleksi CPNS Pemprov Jatim

Surabaya, Motim-Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim memastikan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2019 akan dimulai awal September 2020 mendatang. Kepastian itu didapatkan setelah BKD berkoordinasi intensif dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Para peserta yang sudah diumumkan lolos ke tahap SKB tes CPNS Pemprov Jatim tahun 2019 diharapkan segera mempersiapkan diri.

banner 728x90

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur Nurkholis,S.Sos.M.Si menuturkan, dalam penyelenggaraan SKB, pihaknya tak memiliki banyak peran sebagaimana pada tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

“Seperti tempat pelaksanaan tes SKB nantinya juga disiapkan langsung oleh BKN di kantor BKN maupun di tempat-tempat yang telah ditentukan oleh BKN. Penyelenggaranya tetap BKN, kalau saat SKD kemarin kami kan sewakan tempat di Unesa, untuk SKB ini nanti di kantor BKN, dan peserta bisa memilih untuk menentukan tesnya di mana,” kata Nircholis, Selasa (04/08).

Teknisnya, peserta yang akan melakukan tes SKB mendaftarkan diri dulu melalui website yang disediakan pansel tes CPNS dan mengisi lokasi tes yang akan dilakukan.

Ia mencontohkan misalnya ada peserta yang bekerja di kota atau kabupaten lain di luar tempat tinggalnya, bisa memilih tempat yang dekat dengan domisilinya.

Hal ini dilakukan dalam rangka menghindari mobilitas masyarakat dalam jumlah besar untuk bisa mengikuti tes SKB CPNS. Mengingat sampai saat ini pandemi Covid-19 juga masih belum selesai dan vaksin belum ditemukan.

“Jadwal resminya masih belum keluar. Tapi estimasi fix nya adalah awal September. Jadi mohon mempersiapkan diri semuanya, dan tetap in touch dengan website maupun sarana informasi seleksi CPNS,” terangnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa kantor BKN yang ada maupun lokasi yang ditunjuk nantinya dimungkinkan juga tidak akan banyak menampung peserta tes.

Pelaksanaan SKB dipastikan akan lebih lama karena harus dilakukan dalam beberapa shift.

Dalam sekali shift pesertanya sejumlah 150 orang. Sehingga jika dalam sehari ada tiga shift maka maksimal dalam sehari bisa dilakukan tes untuk 450 orang peserta.

Sebagaimana diketahui hasil SKD CPNS Pemprov Jatim 2019 sudah diumumkan pada tanggal 20 Maret 2020 lalu.

Total ada sebanyak 4.778 peserta CPNS Pemprov Jatim yang dinyatakan lolos dari SKD dan berhak melanjutkan ke tahap SKB.

Jumlah tersebut akan mengisi 1.817 formasi yang dibuka dari berbagai OPD dan instansi yang ada di Pemprov Jawa Timur.

Jumlah yang lolos adalah 3 kali jumlah formasi yang dibuka.

Namun karena adanya pandemi Covid-19, maka teknis untuk pelaksanaan SKB masih belum diumumkan oleh BKN hingga saat ini. (ady)

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.