Wujudkan Jember Mandiri Energi dan Pangan, Bupati Ajak Kolaborasi UMM

by -

Jember,Motim
Setelah beberapa hari yang lalu Bupati Jember Hendy Siswanto menerima kunjungan dari jajaran pimpinan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), kini giliran Bupati Jember Hendy Siswanto membalas silaturahmi dengan berkunjung ke UMM, Senin 09 Januari 2023.

Bupati Jember Hendy Siswanto menyampaikan bahwa kunjungan balasan ini merupakan bagian dari upaya menguatkan hubungan antar kedua lembaga.

banner 728x90

“Tujuannya yaitu mewujudkan Jember Mandiri Energi dan Pangan dengan kolaborasi bersama UMM,” ujar Bupati Hendy Siswanto.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Jember Hendy Siswanto memaparkan berbagai potensi yang dimiliki Kabupaten Jember, mulai dari potensi alam, potensi penduduk, dan lainnya.

“Kabupaten Jember mempunyai segalanya, perkebunan, sawah, sungai, laut, pegunungan, pokoknya lengkap, satu yang tidak kami punyai yaitu tanah kering, jadi semua tanah kami subur,” ujar Bupati Hendy Siswanto.

Dinas Tanaman Pangan, Holtukultura dan Perkebunan Kabupaten Jember, mencatat Jember surplus beras sampai 200 ribu ton pada 2021.

Untuk persoalan pupuk, Bupati Hendy juga menyampaikan bahwa Pemkab Jember dalam waktu dekat ini telah merencanakan pembuatan pabrik pupuk sendiri. Harapannya akan ada kerjasama dengan banyak pihak untuk mendorong minimnya keluhan petani atas kelangkaan atau tidak tersedianya pupuk di Kabupaten Jember.

Beberapa keunggulan Jember di bidang pertanian, diakuinya belum diikuti dengan pengembangan produk turunan sehingga petani masih menjual hasil mentahannya.

“Namun semua itu, belum ada pengembangan produk turunan untuk program keberlanjutannya (sustainable program) menjadi produk turunan guna memberikan nilai tambah. Petani masih menjual tanah, bukan beras. Petani masih menjual buahnya langsung, belum diolah menjadi produk turunannya,” terang Hendy Siswanto.

Ia menegaskan komitmennya untuk memaksimalkan komoditas pertanian yang dimiliki Kabupaten Jember, dimana para petani menggunakan pupuk organik dan hasil pertanian diolah terlebih dahulu menjadi barang jadi kemudian dijual.

Sementara untuk sektor energi, Bupati Jember Hendy Siswanto tidak ingin air dan matahari terbuang sia-sia tanpa termanfaatkan maksimal, sehingga kita akan ciptakan energi baru terbarukan.

Energi baru terbarukan akan diwujudkan dengan membuat pembangkit listrik tenaga mikrohidro dan pembangkit listrik tenaga surya. Tentu saja, hal ini sangat cocok diterapkan di Kabupaten Jember. (sp)

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.