Potensi di Arjasa Dilirik Pemkab Jembrana

by -

Jember,Motim
Parade Budaya dan Pentas Seni 2023 yang digelar antara Kabupaten Jember dan Jembrana masih menyimpan kenangan yang luar biasa. Namun, tak sebatas menampilkan sejumlah potensi budaya masing-masing, jajaran Pemerintah Kabupaten Jembrana juga melirik potensi lain milik Kabupaten Jember. Yakni, sejumlah situs sejarah dan budaya di Kecamatan Arjasa.
“Ada Kepala BKAD Jembrana I Komang Wiyasa dan Kadisparbud Jembrana Anak Agung Komang Saptanegara yang hadir dalam rangka menggali potensi situs sejarah leluhur umat Hindu yang ada di Kabupaten Jember. Ada juga Ida Pandita Nata Putra Siliwangi Manuaba, unsur Parisada Hindu Dharma Indonesia pusat,” papar Ketua Pokdarwis Desa Arjasa Sugianto.
Para tamu melakukan ritual pengambilan air suci di Sendang Tirta Amertha Rajasa yang berada di Dusun Bendelan, lalu menuju ke Situs Calok Dusun Calok Desa Arjasa. Menurut pandita, Situs Calok merupakan pasraman alias tempat berkumpulnya para wiku atau pandita di zaman Hindu kuno di wilayah Arjasa. Seperti kita tahu, banyak peninggalan zaman Megalitikum di Arjasa yang sampai saat ini dipelihara dengan baik. Sementara itu, antusiasme warga Arjasa sangat tinggi. Belum lagi, lanjutnya, ada suguhan kesenian tradisional Ta’ Bhuta an.
Harapannya, dengan kedatangan warga Hindu Bali ke Arjasa, dapat menambah pengembangan sektor perekonomian masyarakat Arjasa. Hal ini disampaikan oleh Kades Arjasa Ibu Wasi’a dan beberapa tokoh masyarakat Desa Arjasa ketika menyambut para tamu. “Belum lagi, tokoh masyarakat dan tokoh agama di Desa Arjasa sangat mendukung berbagai kegiatan yang mengandung kegiatan toleransi antar umat beragama,” tandasnya. (sp)

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.