Rakor TPPS, Wabup Jember: Target Prevalensi Stunting Turun 14 Persen

by -

Jember,Motim
Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menginisiasi kegiatan Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Kabupaten Jember pada Kamis, (22/6/2023) di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Jember.
Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Jember, KH. MB Firjaun Barlaman selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Jember.
Rakor tersebut membahas seputar rancangan program kerja juga strategi kedepannya dalam percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Jember. Terdapat 16 OPD di lingkup Pemkab Jember yang turut andil untuk mendukung dengan program yang dicanangkan.
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Jember, Drs. Suprihandoko, MM menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai wujud pelaksanaan dalam percepatan penurunan angka stunting.
“Tujuan dari pertemuan ini sebagai media komunikasi strategi dalam penurunan stunting, menyusun rencana kerja antar OPD dan juga menyatukan komitmen bersama dalam penanganan stunting,” ungkap Suprihandoko.
Sementara itu, Wakil Bupati Jember, Gus Firjaun membuka kegiatan rakor sembari memberikan beberapa arahan. Gus Firjaun berpesan agar seluruh OPD bersatu padudalam menurunkan stunting. “Target prevalensi stunting bisa turun di angka 14 persen. Syukur-syukur di tahun 2023 ini bisa 20 persen,” tutur Wabup.
Dengan menunjukkan semangat kebersamaan, diharapkan tidak ada kasus new zero stunting di Kabupaten Jember. Tak hanya itu, tiap OPD berperan untuk mensinergikan program unggulannya dalam upaya percepatan penurunan stunting.
“Semua yang terlibat diharapkan bisa memahami dan komunikatif terkait tugas dan langkah yang harus dijalankan. Dengan memahami tugas per-OPD, menjadikan jumlah perhitungan angka sunting dari tingkat kabupaten, provinsi dan pusat sama. Dan juga kebijakan yang diambil dari TPPS agar Jember bisa zero new stunting,” lanjutnya.
Dalam rakor tersebut juga dijelaskan mengenai lima pilar strategi pencapaian sasaran dan target percepatan penurunan stunting. Kelima pilar rersebut adalah ; peningkatan komitmen dan visi kepemimpinan ; peningkatan komunikasi perubahan perilaku dan pemberdayaan masyarakat ; peningkatan ketahanan pangan dan gizi pada tingkat individu, keluarga, dan masyarakat ; serta penguatan dan pengembangan sistem, data, informasi, riset, dan inovasi. (sp)

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.