Jadi Narsum Reses DPRD, Dispendukcapil Jember Sampaikan Inovasi WA, J-SIP, Hingga LAHBAKO

by -

Jember,Motim

Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jember Isnaini Dwi Susanti, S.H., M.Si menjadi narasumber pada kegiatan reses masa persidangan ke-2 anggota DPRD Jember, Tabroni.

banner 728x90

Reses diselenggarakan di Desa Pace Kecamatan Silo pada Selasa 4 Juli 2023 itu mengangkat tema Mewujudkan Pelayanan Publik yang Mudah, Cepat, Santun, dan Sepenuh Hati.

Kadis Dukcapil dalam kesempatan tersebut menjelaskan tugas Disdukcapil Jember dalam melayani masyarakat terkait kepengurusan dokumen adminduknya.

Salah satunya pada masalah pendistribusian Kartu Identitas Anak atau KIA.

Dokumen yang satu ini banyak yang sudah diproses. Namun, sayangnya belum terdistribusikan.

Hal itu terjadi karena kebanyakan warga tidak tahu tentang pelayanan satu paket adminduk (KK, akta kelahiran dan KIA) dan banyak masyarakat yang telah mendapatkan KK dan dan akte kelahiran tidak segera mengambil KIA nya.

“Masyarakat yang sudah dapat akte kelahiran dan KK kebanyakan tidak akan kembali lagi. Mereka tidak tahu kalau akan dicetakkan KIA-nya. Itu masalahnya,” terang Kabid Pencatatan Sipil Amirulloh, S.Sos mewakili Kadis Dukcapil.

Ke depan, masih terang Amirulloh, masyarakat yang sudah mendaftar dimintai nomor kontaknya. Jikalau KIA-nya sudah selesai, pihak desa diminta untuk menghubungi warga yang bersangkutan.

Dalam pertemuan yang dihadiri ketua RT RW dan kepala dusun se Desa Pace itu, Disdukcapil Jember juga menyampaikan inovasi layanan. Yaitu mulai Whatsapp, J-SIP, dan LAHBAKO.

“Cukup di desa, tidak usah jauh-jauh ke kecamatan atau di kantor Disdukcapil,” ungkapnya.

Sejumlah pertanyaan disampaikan audiens terkait dengan layanan adminduk saat sesi tanya jawab.

Selain memberikan sosialisasi, Disdukcapil Jember juga memberikan layanan registrasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) bagi peserta reses. (sp)

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.