Bapak, Anak dan Menantu Kompak Curi Besi Rel KA

by -

Jember, Motim
Delapan pelaku pencuri besi rel lori milik Pabrik Gula (PG) Semboro, diringkus anggota Satreskrim Polsek Jombang, Minggu sore (9/7/2023). Dari delapan pelaku itu, diketahui 3 diantaranya masih satu keluarga. Yakni bapak, anak, dan menantu.
Para pelaku merupakan warga asal Kecamatan Dusun Krajan, Desa Sumberanyar, Kecamatan Rowokangkung, Lumajang.
“Berdasarkan laporan warga kami meringkus para pelaku ada 8 orang, yang diduga melakukan aksi pencurian rel besi lori di tengah areal persawahan,” kata Kapolsek Jombang AKP Adam saat dikonfirmasi di mapolsek setempat.
Kedelapan pelaku itu diantaranya berinisial AD, M, MW, S, HK, IR, PK dan RR.
“Mereka dari satu dusun, desa, dan kecamatan yang sama asal Lumajang. Bahkan ada yang satu keluarga, bapak, anak, dan menantu. Yakni inisial S, MW, dan IR,” ungkapnya.
Terkait kasus pencurian besi rel lori itu, Adam menjelaskan, para pelaku diringkus saat akan membawa besi rel yang sudah dipotong menjadi 20 batang besi berukuran panjang masing-masing 2 meter itu. Dari dalam sungai di sekitar lokasi kejadian.
“Jadi pelaku memotong besi rel lori itu, Sabtu malam (8/7) kemarin. Sekitar pukul 22.00 WIB. Menjadi 20 lonjor bagian),” jelasnya. Kemudian esok harinya, lanjutnya, Minggu sore (9/7) kemarin. Para pelaku diringkus, saat akan mengambil dan mengangkut 20 batang besi rel itu ke atas mobil pick up daihatsu Grandmax warna silver berplat DK 8324 AC.
“Saat itulah kami mengamankan para pelaku,” ucapnya.
Terkait barang bukti, polisi mengamankan 20 batang besi rel lori masing-masing sepanjang 2 meter. Juga mobil pick up yang digunakan sebagai sarana kejahatan. Adam menambahkan, kerugian ditaksir Rp 32 juta.
“Para pelaku akan dijerat pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan. Ancaman di atas lima tahun penjara,” tandasnya. (*)
(

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.