KPU Jember Minta Paslon Serahkan LADK

by -
Ketua KPU Jember Muhammad Syai'in

Jember, Motim – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember minta para pasangan calon (paslon) untuk segera menyerahkan Laporan Awal Dana Kampanye (LADK).

Pasalnya penyerahan LADK itu harusnya dilakukan sebelum pelaksanaan kampanya pilkada pada 25 September mendatang.

banner 728x90

“LADK merupakan laporan awal yang dilaporkan sebelum tahapan kampanye Pilkada dimulai,” kata Ketua KPU Jember Muhammad Syai’in saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Selasa (22/9).

Syaiin menjelaskan, dalam menyerahkan LADK para paslon diminta membuka rekening khusus untuk dana kampanye.

“Selain itu pasangan calon juga kami minta menyertakan sumber perolehan saldo awal atau saldo pembukaan, rincian penghitungan, penerimaan, dan pengeluaran yang diperoleh sebelum pembukaan rekening khusus,” sebutnya.

Lanjut Syai’in, terkait laporan dana kampanye sendiri terdiri dari tiga tahapan.

“Pertama LADK yang diserahkan ke KPU sebelum kampanye. Kedua ada Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) yang disetorkan saat pertengahan masa kampanye,” katanya.

Kemudian terakhir, sambung Syai’in, pasangan calon diminta untuk menyerahkan Laporan penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK)

“Yang penyerahannya usai kampanye berakhir,” sambungnya.

Syai’in juga menambahkan, setelah semua laporan dana kampanye selesai dilaporkan ke pihaknya, KPU akan menunjuk tim auditor untuk melakukan audit masing masing calon bupati dan wakil bupati Jember terhadap penggunaaan dana kampanye.

“KPU nantinya menunjuk Auditor independen dari pihak swasta. Baru dari hasil audit tersebut dana kampanye calon diunggah ke laman resmi KPU. Disana masyarakat bisa melihat rinciannya langsung,” pangkasnya.

Sebagaimana tertuang dalam pasal 13 ayat (1) PKPU Nomor 5 Tahun 2017 tentang Dana Kampanye Peserta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Rekening khusus merupakan rekening yang dibuka pada bank umum untuk keperluan dana kampanye oleh partai politik atau gabungan partai politik pengusung pasangan calon dan pasangan calon perseorangan .(ym)

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.