Ratusan Anjing dan Kucing Disuntik Vaksin Rabies

by -

Jember, Motim – Sebanyak 100 ekor anjing dan kucing yang ada di Dusun Sidomulyo, Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu disuntik vaksin rabies, Senin (28/9). Hal itu dilakukan sebagai langkah antisipasi terhadap penyakit rabies yang disebabkan gigitan anjing.

“Tindakan penyuntikan vaksin rabies ini, dilakukan di (Desa) Sumberejo, Ambulu sebagai langkah pencegahan, dan juga dalam rangka peringatan Hari Rabies Se dunia yang jatuh pada tanggal 28 September,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Jember Nana Suminarsih.

banner 728x90

Penyuntikan vaksin tersebut, kata Nana, hanya sebagai langkah pencegahan dan antisipasi. Di Jember sendiri, belum ditemukan kasus penyakit rabies.

“Alhamdulillah untuk wilayah Jawa Timur, khususnya Jember, sampai dengan saat ini tidak ada kasus penyakit akibat rabies itu,” katanya.

Namun diakui oleh Nana, untuk wilayah Jawa Tengah dan Pulau Bali memang ada kasus terkait virus yang berasal dari hewan anjing dan kucing itu. Inilah kemudian yang juga mendorong dilakukan penyuntikan vaksin di Jember.

“Ada kurang lebih 100 ekor anjing dan kucing yang kuta suntik vaksin rabies itu. Semoga langkah pencegahan ini dapat memberikan manfaat,” ulasnya.

Terkait alasan penyuntikan dilakukan di Dusun Sidomulyo, Desa Sumberejo, kata Nana, karena di wilayah tersebut, warganya banyak yang memiliki anjing. Sehingga desa itu menjadi salah satu titik sasaran vaksinasi.

“Karena kan wilayah sana, sampai pesisir pantai warganya banyak yang memiliki anjing. Jadi fokus kami dilakukan vaksinasi Rabies di dusun dan desa tersebut,” katanya.

Lebih jauh Nana menyampaikan, terkait vaksinasi rabies yang dilakukan. Belum ada kasus terkait virus tersebut.

“Tapi apa yang kami lakukan, suntikan vaksin kepada anjing dan kucing itu, hanya sebagai pencegahan,” pungkasnya.(ym)

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.