Musim Panen, Harga Buah Manecu Relatif Murah

by -
Wabup mendatangi pendagang buah manecu di Klakah. (*)

Lumajang, Motim – Salahsatu buah yang banyak dihasilkan petani Lumajang, kenitu atau lebih dikenal manecu memasuki musim panen. Setiap bulan September hingga Oktober, jalanan utara wilayah Lumajang selalu dibanjiri dengan para penjual buah tersebut.

Soal harga, buah ini bukan tergolong buah yang relatif murah. Apalagi saat musim panen. Harganya sangat terjangkau oleh semua kalangan masyarakat. Buah tersebut, ditanam secara organik tanpa menggunakan bahan kimia ataupun pestisida.

banner 728x90

“Dengan harga yang murah, tentunya tanpa pestisida, ini buah lokal ini organik betul,” kata Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati, ketika mendatangi pedagang manecu di Kecamatan Klakah, Rabu (30/9).

Ia menegaskan, meskipun buah manecu bukan merupakan buah khas Lumajang, namun dirinya yakin salah satu daerah penghasil buah manecu terbanyak adalah Kabupaten Lumajang. “Disini itu memang tempatnya Buah Kenitu, saya tidak tahu buah ini tumbuh didaerah mana, tapi yang saya tahu Lumajang adalah tempatnya,” terangnya.

Bahkan tahun lalu Pemkab Lumajang menggelar Festival ‘Manecu Na Dejeh’ dan direncakan menjadi agenda tahunan. Namun tahun ini acara tersebut batal digelar karena adanya pandemi Covid-19. (fit)

 

 

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.