Pasca Longsor di Kandang Tempus, Perlu Ada Penghijauan

by -

Lumajang, Motim – Longsor sempat menerjang Desa Kandang Tempus Kecamatan Senduro beberapa waktu lalu. Tepatnya di lokasi lokasi Bumi Perkemahan Glagah Arum. Penanganan sudah dilakukan dan selanjutnya dianggap perlu adanya penghijauan. Demi mengantisipasi agar kejadian serupa tidak terulang.

“Saya dan anggota pramuka tentu berkewajiban untuk menghijaukan lahan seluas 10 Hektar ini, nanti akan kami tanami rumput vetiver untuk menguatkannya,” kata Wakil bupati Lumajang Indah Amperawati saat berkunjung ke sana.

banner 728x90

Indah juga mengimbau agar masyarakat turut waspada terhadap wilayah yang rawan longsor. Dirinya juga berharap masyarakat ikut mengantisipasi terjadinya longsor dengan menanam pohon dan tidak melakukan penebangan liar, apalagi di kawasan rawan longsor.

Seperti diketahui, longsor yang terjadi disebabkan karena tidak adanya tumbuhan penyangga di sekitar lokasi perkemahan tersebut. Ditambah intensitas hujan yang cukup tinggi beberapa waktu yang lalu.

Sebagai langkah penanganan awal, material longsor dibersihkan menggunakan alat berat. Kemudian akan dipasang plengsengan dari bambu. Serta di atasnya akan ditanam rumput vetiver sebagi penguatnya.

“Namun longsor yang terjadi tidak menyebabkan proses pembangunan sarana dan fasilitas (di lokasi perkemahan) terganggu,” pungkas Indah. (fit)

 

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.