Kepala BNPT: Masjid Benteng Pertahanan dari Paham Radikal

by -

Jember, Motim – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar berharap masjid bisa menjadi benteng dari paham radikal. Masjid juga diharapkan netral dari ideologi yang melakukan agitasi untuk kepentingan elektoral maupun distribusi materi keagamaan yang tidak ramah dan santun.

“Kehadiran masjid di tengah masyarakat diharapkan mampu menjadi benteng pertahanan masyarakat dari paham radikalisme dan terorisme,” kata Boy di sela peletakan batu pertama renovasi masjid di lingkungan Ponpes Al-Qonaah, Dusun Kepel, Desa Ampel, Kecamatan Wuluhan, Jumat (23/10).

banner 728x90

Menurut Boy, masjid bisa menjadi tempat mendidik generasi muda untuk mendalami agama yang di dalamnya menjunjung tinggi nilai toleransi. Terutama masjid yang berada di lingkungan pondok pesantren.

“Peran masjid sebagai tempat untuk mendidik anak-anak sejak usia dini agar terhindar dari paham radikalisme dan terorisme, terutama di lingkungan pendidikan pondok pesantren,” kata Boy Rafli.

Oleh karena itu, BNPT terus aktif membantu masjid dan pondok pesantren memaksimalkan peran dalam rangka menciptakan pendidikan yang Rahmatab Lil Alamin. Sehingga masjid dan ponpes bisa menjadi bagian yang proaktif ikut serta menekan paham radikal.

“Adanya masjid-masjid yang ada di berbagai penjuru di Indonesia, kami berharap kemakmurannya dapat terjamin terutama untuk umat Islam yang wajib memelihara itu, dan dengan ini kita yakinkan bahwa masjid kelak akan menjadi pusat dakwah, pusat siar, dalam rangka membangun akhlak umat dalam rangka membangun sebuah persatuan umat di dalam menghadapi kehidupan berbangsa dan bernegara,” urai Boy Rafli.

Pimpinan sekaligus pengasuh Ponpes Al-Qonaah, K.H Mukhtarom menyambut baik bantuan serta dukungan pemerintah melalui BNPT untuk memakmurkan masjid untuk membangun generasi muda dan masyarakat yang berakhlak, baik dalam beragama dan bernegara. Tentunya dengan membuat kegiatan-kegiatan positif di masjid agar lingkungan masjid tidak terpapar paham radikalisme intoleran.

“Kami sebagai pengasuh pondok pesantren Al qonaah mendapat rahmat dari Allah karena dikunjungi oleh Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar. Mudah-mudahan dengan kehadiran beliau bersama stafnya, dapat membawa keberkahan bagi umat, khususnya Pondok pesantren Al Qonaah ke depannya,” ujar K.H Mukhtarom.

Selain membantu pembangunan Masjid, BNPT juga memberikan sejumlah Al-Qur’an dan Buku untuk para santriwan dan santriwati Ponpes Al-Qonaah.

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.