Polsek dan Muspika Sumberbaru Perbaiki Tebing Longsor

by -

Jember, Motim – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Jember, mengakibatkan tebing jalan di wilayah Kecamatan Sumberbaru longsor. Tebing longsor itu terjadi di kebun milik Pak Hoi, di Dusun Tempuran RT 003/RW 002, Desa Jamintoro, Kecamatan Sumberbaru. Tebing jalan yang longsor itu sekitar 50 meteran.

Terjadinya longsor setelah diguyur hujan itu karena tidak ada penahan tanah sehingga tanah terkikis. Akibat kejadian tersebut, 3 rumah milik warga terkena longsor dan akses jalan warga terputus akibat tertutup tanah longsor.

banner 728x90

Kapolsek Sumberbaru AKP Subagiyo bersama Muspika dan BPBD langsung melakukan kerja bakti. Kerja bakti juga melibatkan warga setempat dengan membuka kembali akses jalan yang tertutup dengan longsoran tanah dari kebun milik Pak Hoi.

Selain membersihkan tanah juga memasang bambu yang digunakan sebagai penahan atau penyangga tanah. Selain itu juga dipasang bronjong yang dipasang dengan meterial batu sungai. “Sehingga dengan pasangan penyangga itu bisa dilewati untuk kendaraan roda dua,” kata Subagiyo, Kapolsek Sumberbaru.

Sulitnya alat berat yang masuk ke lokasi, sehingga perbaikan bisa dilakukan dengan kerja bakti yang melibatkan Muspika, Satpol PP Kecamatan. “Hanya menggunakan alat seadanya, namun bisa selesai ini karena berkat kerja sama itu,” kata Subagiyo.

Subagiyo menghimbau kepada masyarakat di wilayah Desa Jamintoro untuk waspada. Hal ini dikarenakan cuaca yang masih sering turun hujan berpotensi terjadinya longsor. “Apalagi wilayah Sumberbaru banyak rumah warga yang ada di atas tebing,” pungkasnya. (sp)

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.