Smart Village, Satu dari 7 Program Unggulan Haji Hendy-Gus Firjaun

by -

Menaikkan Anggaran Desa dan Meningkatkan Kualitas SDM Masyarakat

Jember – Pasangan calon bupati dan wakil bupati Jember nomor urut dua (2) Hendy Siswanto dan Muhammad Balya Firjaun Barlaman (Gus Firjaun) memaparkan 7 program unggulan, salah satunya yakni membangun Smart Village atau Desa Pintar.

banner 728x90

Dalam sebuah talk show di Jember 1 TV, Haji Hendy-Gus Firjaun menjelaskan bahwa program Smart Village bertujuan untuk mengurangi kesenjangan pembangunan antara desa dan kota yang terjadi selama ini.

“Smart Village merupakan salah satu program kami untuk menaikkan daya saing. Karena kita ingin menumbuhkan kemampuan ekonomi di tingkat desa. Dengan Smart Village ini maka kesenjangan pembangunan antara desa dan kota bisa teratasi,” ujar Gus Firjaun.

Ia menuturkan bahwa upaya untuk membangun desa di antaranya dengan menaikkan anggaran untuk desa. Harapannya akan terjadi percepatan pembangunan di desa sehingga bisa mengurangi kesenjangan.

“Selain ada ADD kami akan memberikan Bantuan Keuangan Desa (BKD). Besarannya pada kisaran 200-250 juta per desa. Itu bisa menjadi salah satu solusi pembangunan di desa,” jelas Gus Firjaun.

Selain itu dilakukan juga upaya untuk meningkatkan kualitas SDM perangkat desa dan masyarakat desa. Hal itu dilakukan agar masyarakat bisa mengolah potensi desanya masing-masing demi kesejahteraan bersama.

“Dalam menyongsong era teknologi kita berupaya untuk meningkatkan kualitas SDM perangkat desa dan masyarakat desa. Perlunya apa? Agar dengan potensi yang ada di desa, dengan BUMDES yang dimiliki bisa bersaing dengan yang lain. Harapannya bisa merangsang dan menaikkan semangat untuk mandiri,” imbuh Gus Firjaun.

Adapun mengenai 7 program unggulan yang ditawarkan, Haji Hendy mengungkapkan bahwa esensi dari semua itu adalah memberikan hak masyarakat.

“Dari 7 program unggulan yang kami tawarkan, esensinya adalah kami ingin mengembalikan hak-hak masyarakat yang selama ini tidak diberikan,” tuturnya.

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.