Dua Anggota Polres Jember Positif Covid-19

by -

Jember, Motim – Jelang gelaran pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 9 Desember 2020 besok, seluruh anggota Polres Jember termasuk yang bertugas di jajaran polsek menjalani pemeriksaan Rapid Tes dan Swab Tes. Diketahui dari ribuan polisi di wilayah Polres Jember itu, dari hasil rapid tes didapatkan 30 anggota yang hasilnya reaktif.

“Kemudian saat dilanjutkan dengan swab test, dari 30 orang itu ada dua anggota kami yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara di Kabupaten Lumajang, namun kondisinya masuk dalam kategori Orang Tanpa Gejala,” kata Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin saat dikonfirmasi sejumlah wartawan di Mapolres, Rabu (2/12).

banner 728x90

Arif mengatakan, selanjutnya kedua anggota polisi itu menjalani perawatan di rumah sakit dan menjalani isolasi diri.

“Selanjutnya dilakukan swab test ulang, dan tinggal satu yang masih positif, masih menjalani perawatan dan isolasi diri. Sedangkan yang satu lagi sudah pulang,” sambungnya.

Dengan ditemukannya dua anggota polisi yang terkonfirmasi positif Covid-19, sebagai langkah antisipasi dan memutus rantai penyebaran Covid-19, di seluruh wilayah mapolres dan mapolsek rutin dilakukan penyemprotan disinfektan.

“Penyemprotannya setiap hari, saat sore dengan cairan disinfektan bernama prefectan, yang kandungannya sama dengan sabun detol dan aman untuk tubuh manusia,” katanya.

Selain itu, di pintu masuk Mapolres Jember juga penyemprotan disinfektan itu terus dilakukan. “Itu bukan hujan buatan ya, itu cairan disinfektan yang aman buat kulit manusia. Ya ibarat mandi gitu,” katanya.

Lebih jauh mantan Kapolres Kerawang ini mengatakan, terkait persiapan Pilkada 9 Desember 2020 besok. Selain dilakukan protokol kesehatan dengan pemeriksaan Rapid Tes dan Swap Test, Polres Jember juga menyiapkan sebanyak 777 anggota polisi untuk nantinya menjaga keamanan di Tempat Pemungutan Suara.

“Mereka anggota kami itu dibekali tata cara untuk mengevakuasi pemilih yang datang ke TPS dengan suhu tubuh diatas 37 derajat Celcius. Kemudian terkait protokol kesehatan selama berada di TPS,” kata Arif.

Selain itu, 700 an anggota polisi itu yang dikerahkan untuk pengamanan Pilkada di sejumlah TPS itu dibekali obat-obatan dan vitamin untuk menjaga stamina tubuh.

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.