Curah Hujan Tinggi, Puluhan Hektar Sawah Tergenang

by -

Jember, Motim-Puluhan Hektar Sawah di Desa Wonorejo, Kecamatan Kencong, Jember tergenang air akibat diguyur hujan deras selama tiga hari berturut turut. Hal tersebut menyebabkan tanaman rusak berat dan sawah menjadi danau serta menjadi kolam pancing untuk warga sekitar.

Senin pagi 11 Januari 2021, sejak pagi sudah terlihat puluhan orang sudah memadati area lokasiĀ  persawahan yang tergenang air yang tepat berada di pingiran jalan raya desa, mereka tampak terlihat asik memancing, ada beberapa jenis ikan tambak yang disinyalir lepas ketika banjir akibat curah hujan yang sangat tinggi.

banner 728x90

“Dapat banyak mas, jenis ikan gurami dan nila. Ini mungkin ikan milik warga yang mempunya tambak rumahan yang jebol karena hujan yang lebat beberapa hari terakhir yang terjadi di kawasan kencong ini,” ungkap Safi’i Irama.

Safi’i juga mengatakan jika area persawahan ini hampir setiap tahun terjadi genangan air dan dipastikan puluhan hektar tanaman padi milik warga rusak parah.

Salah satu pemilik sawah yang terendam air, yang engan disebutkan namanya, juga berkeluh kesah tentang banjir yang selalu terjadi di setiap musim penghujan.

“Tiap tahun pas musim hujan seperti ini kita merugi sekali, saya meminta tolong kepada pemerintah agar sungai disini di normalisasi agar genangan air akibat hujan bisa langsung mengalir ke arah selatan agar tidak terjadi hal seperti ini lagi,” keluh petani tersebut. (dop).

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.