Banjir Rendam Puluhan Rumah dan 2 Ponpes

by -
Situasi saat banjir merendam 2 Ponpes di Bangsalsari.

Jember, Motim-Hujan deras yang mengguyur hampir seluruh wilayah di Jember, membawa bencana. Sejumlah kecamatan mulai dari Rambipuji,Tanggul dan Bangsalsari diterjang banjir, Selasa (12/01/2021) sore. Namun banjir terparah terjadi di Desa/Kecamatan Bangsalsari, yang menyebabkan puluhan rumah dan dua pondok pesantren terendam banjir.

Kapolsek Bangsalsari AKP I Putu Adi Kusuma menceritakan, hujan deras yang terjadi di sejak sore hingga petang, menyebabkan sejumlah sungai di Desa Bangsalsari meluap hingga masuk ke pemukiman penduduk. “Bahkan pada pukul 18.00 WIB air juga mulai masuk ke Pondok Pesantren Ar Rosyid dan dan Al Azhar,” jelas Putu Adi.

banner 728x90

Banjir yang membawa material kayu dan lumpur menyebabkan tembok pesantren Al-Azhar yang terletak di pinggir sungai jebol. “Sebanyak kurang lebih 100 santri harus dievakuasi ke lokasi yang lebih aman,” jelas Putu Adi. Sementara banjir yang masuk ke pemukiman warga, selang beberapa jam setelah hujan reda langsung surut.

Menurut Putu Adi, selama musim penghujan, banjir kali ini merupakan banjir terparah yeng terjadi di Desa Bangsalsari setelah sebelumnya tiga kali di terjang banjir. “Namun beruntung meski sudah empat kali diterjang banjir tidak sampai menimbulkan korban jiwa,” ungkapnya.

Lebih lanjut Putu menjelaskan, Polsek Bangsalsari bersama BPBD Jember, Koramil dan sejumlah relawan kebencanaan lainnya membersihkan sisa lumpur yang masuk ke pemukiman dan pondok pesantren. “Rabu siang (kemarin) seluruh lumpur di Pondok Ar Rasyid sudah bersih,” pungkasnya. (sp)

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.