KPU Tetapkan Hendy-Gus Firjaun Cabup-Cawabup Jember Terpilih

by -

Jember, Motim-KPU Jember menetapkan H. Hendy Siswanto dan KH. Balya Firjaun Barlaman (Gus Firjaun) sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Teepilih Terpilih hasil Pilkada Jember 2020. Penetapan dilakukan dalam rapat pleno terbuka KPU Jember yang digelar di hotel Aston, Jumat (22/1).

“Hari ini kami menetapkan paslon Hendy-Gus Firjaun sebagai bupati dan wakil bupati terpilih di Jember. Penetapan kami lakukan setelah tak ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi dari Paslon lain. Alhamdulillah KPU mengucapkan terima kasih kepada masyarakat terkait pelaksanaan Pilkada 2020 yang berjalan aman lancar dan kondusif,” ujar Syai’in dikonfirmasi sejumlah wartawan usai penetapan.

banner 728x90

Menurut Syai’in, Hendy – Gus Firjaun yang merupaka paslon nomor urut 02 dalam Pilkada, memperoleh 489.794 suara atau sebesar 46,60 persen. Dari jumlah suara sah sebanyak 1.051.171 suara.

“Meraih sebanyak 46,60 persen dari total suara sah,” katanya.

Ditanya di mana saja sebaran kemenangan pasangan Hendy-Gus Firjaun, Syai’in mengaku akan melihat data detailnya. Sebab sebarannya ada di 248 desa dari 31 kecamatan.

“Nanti saya kirimkan data sebaran perolehan suaranya,” tandasnya.

Setelah penetapan ini, sambung Syai’in, proses berikutnya adalah pelantikan. Namun proses itu sudah bukan lagi menjadi kewenangan KPU Jember.

“Untuk pelantikan, itu sudah menjadi ranah DPRD Jember. Lembaga itu nanti yang mengusulkan ke Gubernur dan diteruskan ke Kemendagri. Sudah diatur dalam undang-undang,” terangnya.

Sementara itu, pasangan Hendy-Gus Firjaun mengaku lega karena telah resmi ditetapkan KPU Jember sebagai Bupati-Wabup terpilih.

“Alhamdulillah, akhirnya hari ini kami benar-benar ditetapkan sebagai yang terpilih,” ujarnya.

Hendy menyampaikan, sebelum pelantikan pada 17 Febuari 2021 mendatang, pihaknya akan berkonsolidasi kepada semua pihak, termasuk partai pendukung dan pengusung. Juga dengan paslon yang menjadi rivalnya dalam pilkada kemarin.

“Karena pentingnya membangun komunikasi secara bersama. Termasuk nanti, kami juga akan berkomunikasi dengan paslon nomor urut 01 dan 03. Hal itu, dilakukan untuk membangun Jember dan melakukan akselerasi cepat untuk Jember ke depan,” ujarnya.

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.