5 Kecamatan Belum Tuntaskan ODF

by -
Sekda deklarasi ODF di Ranuyoso. (*)

Lumajang, Motim-Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Agus Triyono menghadiri Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan di Kecamatan Ranuyoso, Kamis (4/2/2021).

Saat ini di Kabupaten Lumajang masih ada 5 kecamatan yang belum menuntaskan gerakan ODF. Sementara Kecamatan Ranuyoso menjadi kecamatan yang ke 16 yang mendeklarasikan ODF.

banner 728x90

Agus Triyono menyampaikan, salah satu indikator dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) adalah di bidang kesehatan. Oleh karena itu, melalui gerakan stop buang air besar sembarangan di wilayah Kabupaten Lumajang merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan masyarakat hidup bersih dan sehat.

Sehingga harapannya nanti IPM di Kabupaten Lumajang dapat ditingkatkan. “Saya harap setelah kegiatan deklarasi ODF ini sudah tidak ada lagi masyarakat yang membuang air besar di sepanjang sungai ini,”

Untuk menyelesaikan masih adanya warga yang BAB sembarangan, Ia berpesan kepada pihak kecamatan untuk dikoordinasikan dengan kepala desa setempat, agar masyarakat semakin peduli terhadap perilaku hidup sehat.

“Berbicara kesehatan tidak akan pernah ada habisnya. Oleh karena itu, saya mengucapkan terimakasih kepada para kader kesehatan yang ada di wilayah masing-masing, dalam rangka mempercepat pembangunan di kabupaten Lumajang di bidang kesehatan,” pungkasnya. (fit)

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.