Sopir Damkar dan Ambulans Berangkat ke Polda Ikut Pelatihan Mengemudi

by -

Jember, Motim-Sejumlah sopir Pemadam Kebakaran (Damkar) Jember berangkat ke Polda Jatim untuk ikut pelatihan peningkatan kemampuan pengemudi. Terkait kegiatan itu, Selasa (9/3), juga akan dilanjutkan dengan sejumlah sopir ambulans desa di wilayah Dinas Kesehatan Jember akan ikut pelatihan yang sama.

“Hari ini Ada 4 sopir armada truk damkar berangkat ke Polda Jatim untuk ikut pelatihan peningkatan mengemudi secara teori. Selasa (9/3), lanjut 5 sopir ambulans desa yang berangkat. Karena kan truk damkar ataupun mobil ambulans itu dilindungi undang-undang, dan mengemudinya harus memperhatikan kecepatan dan kemampuannya,” kata Kanit Dikyasa Satlantas Polres Jember Iptu Heru Siswanto saat dikonfirmasi melalui ponselnya, Senin (8/3).

banner 728x90

Nantinya para sopir itu, kata Heru, akan mendapat materi bagaimana mengemudi yang benar dan tepat saat menjalankan tugasnya.

“Agar aman dan sesuai dengan tupoksinya saat bertugas. Apalagi saat akan bertugas memadamkan kebakaran dan mengantar pasien. Juga selain itu, bagaimana jika harus melawan arus kendaraan menuju lokasi kebakaran agar sirine dihidupkan, lampu (depan) hidup, dan lampu hazard juga harus hidup,” katanya.

Selain itu para petugas dan sopir itu, lanjutnya, juga akan dibekali kemampuan, bagaimana mengecek kondisi kendaraan truk damkar atau mobil ambulans, sebelum bertugas.

“Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan memberikan manfaat bagi rekan-rekan ini, apalagi saat bertugas,” ucapnya.

Untuk pelatihan kemampuan mengemudi itu, hanya dilakukan selama sehari. “Hari ini pengemudi atau sopir truk damkar, besok lanjut para pengemudi mobil ambulans,” katanya.

Lebih jauh Heru mengatakan, nantinya dari sejumlah pengemudi truk damkar dan mobil ambulans itu setelah mendapat pelatihan di Polda Jatim.

Akan lanjut menyampaikan ilmu yang di dapat kepada rekan-rekannya yang lain.

“Kan tidak semua berangkat, jadi nanti setelah dapat ilmunya, akan diteruskan ke rekan-rekannya yang lain, dan saling berbagi ilmu dari yang di dapat di Polda,” ucapnya.

“Untuk pengemudi damkar ada kurang lebih 16 orang di Jember. Yang ambulans ada sekitar 200an orang. Pelatihannya di Gedung Mahameru, Polda Jatim,” sambungnya.

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.