Sempat Dikira Ada Kebakaran, Ternyata Bagikan Takjil dan Sosialisasi

by -

Jember, Motim-Komunitas Satria Biru Jember yakni sekumpulan pecinta Pemadam Kebakaran (Damkar), melakukan aksi berbagi takjil gratis bagi pengendara motor yang melintas di Perempatan sekitar SMPN 2 Jember, Senin (10/5/2021) sore. Saat akan menggelar kegiatan itu, masyarakat sempat mengira terjadi kebakaran di wilayah setempat.

Namun saat petugas PMK (Pemadam Kebakaran) turun dari truk damkar. Para petugas dibantu relawan itu membagikan takjil dan melakukan sosialisasi soal antisipasi kebakaran.

banner 728x90

Menurut Koordinator Relawan Damkar Ferdy Fernando kegiatan yang dilakukan Komunitas Satria Biru dan sekumpulan relawan lainnya sebagai bentuk kegiatan sosial selain aktifitas damkar pada umumnya.

“Tugas dari Damkar tidak hanya memadamkan api ataupun kegiatan evakuasi hewan liar. Tapi kegiatan sosialisasi dan contohnya berbagi takjil ini juga bagian kegiatan kita,” kata Ferdy yang juga anggota Damkar Jember saat dikonfirmasi sejumlah wartawan.

Sosialisasi yang dilakukan damkar, kata Ferdy, kaitannya tentang bagaimana penanganan kebakaran kecil atau penanganan awal sebelum petugas pemadam datang ke lokasi kebakaran.

“Jadi di dalam takjil yang kami berikan itu ada pamflet dan selebaran keterangan pemadaman api kecil dan penanganan awal kebakaran. Termasuk juga nomor pemadam yang harus diketahui masyarakat. Sehingga tidak panik dan bingung jika ingin menghubungi petugas PMK,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, diakui olehnya jika petugas juga memakai pakaian tahan api yamg biasanya digunakan dalam bertugas.

“Kebetulan petugas saat kegiatan ini juga masih dalam posisi bertugas dan stand by (posisi siap berjaga), sehingga jika ada panggilan tugas kami langsung berangkat bertugas. Selain itu sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat bagaimana kami saat bertugas,” ujar pria yang juga anggota dari Komunitas Satria Biru Jember itu.

Diketahui ada sekitar 200 takjil yang dibagikan dalam kegiatan tersebut. Yang berasal dari bantuan relawan dan donatur yang mendukung kegiatan sosialisasi tersebut.

“Semoga di bulan penuh berkah ini bisa memberikan manfaat, dan kegiatan sosialisasi ini juga bagian tugas kami,” tandasnya.

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.