Wakil Ketua DPRD Jember Amankan Macan Rembah

by -

Jember, Motim-Wakil Ketua DPRD Jember Dedy Dwi Setiawan mengamankan macan rembah  (kucing hutan) yang masuk ke halaman rumahnya. Saat diamankan, macan rembah itu sedang berada di pohon jambu air.

“Mungkin habis memakan dua ekor burung gereja yang membuat sarang di atas pohon jambu air itu. Karena di bawah pohon saya temukan dua ekor burung yang tinggal bangkai dan ada bekas kayak habis dimakan gitu,” kata Dedy saat dikonfirmasi, Minggu (23/5).

banner 728x90

Menurut Dedy, keberadaan macan rembah itu pertama kali diketahui salah seorang saudaranya. Saat itu kerabat Dedy tersebut hendak mengambil buah jambu air yang ada di halaman rumah.

“Kemarin sore saya kan baru datang dari Surabaya. Sampai di rumah ada saudara datang dan mau ambil buah jambu air dari pohonnya dengan naik ke atas pakai tangga. Saat lihat-lihat itu ternyata ada kucing tapi warna bulunya bagus tidak seperti biasanya,” kata Dedy.

Saat dibantu turun dari atas pohon, kata Dedy, ternyata hewan yang dimaksud itu bukanlah kucing biasa. Hewan itu ternyata kucing hutan atau macan rembah. Warga setempat menyebutnya macan rem-rem.

“Saat dilihat itu ternyata macan rem-rem atau biasa disebut macan rembah,” ujar Dedy.

Setelah berhasil diamankan,  hewan itu dimasukkan ke sebuah kandang. Satwa liar dilindungi itu rencananya akan diserahkan ke BKSDA Jember.

“Senin nanti saya bawa sekalian berangkat ke kantor untuk diserahkan ke BKSDA. Sekarang ada di rumah saya taruh di kandang kucing,” katanya.

Keberadaan satwa liar yang dilindungi itu, kata Dedy, diyakini berasal dari perkebunan atau areal persawahan sekitar rumahnya.

“Karena kan dekat rumah ada areal persawahan dan perkebunan. Juga selain sekarang saya menemukan ini. Warga sekitar dulu setahu saya, pernah melihat Macan Rembah ini. Tapi tidak ditangkap hanya seliweran saja,” katanya.

Legislator Partai Nasdem itu meyakini jika macan rembah itu masih berumur remaja. Ini berdasarkan ukuran hewan tersebut.

“Karena ukurannya kalau sudah dewasa lebih besar dari kucing biasanya. Ini masih tidak terlalu besar. Saya tidak bisa memperkirakan umurnya berapa. Tapi menurut saya masih remaja lah,” katanya.

“Untuk makannya saya kasih daging, Ikan laut, dan buah. Setahu saya macan rembah ini predator tikus. Mau saya kasih makam tikus bingung cari tikusnya,” pungkas Dedy.

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.