Karbit Meledak, Satu Keluarga Luka Parah

by -
Polisi saat menunjukkan lokasi Karbit yang meledak.

Jember, Motim-Ledakan Karbit di salah satu rumah di Dusun Curah Banban, Desa Tanggul Wetan, Kecamatan Tanggul, mengakibatkan 3 orang yang masih satu keluarga terluka cukup parah. Karbit itu sebelumnya dipakai untuk mempercepat proses pematangan buah Pisang. Ketiga korban itu adalah Sutikno (45), Fatir (8) dan Nati (60) warga setempat.

Menurut Kapolsek Tanggul AKP Musofah, pada hari Senin (31/05/2021) sekitar pukul 07.00 WIB, salah satu korban yakni Sutikno meletakkan Karbit pada puluhan sisir Pisan di dapur rumahnya. “Pisang dikasih Karbit tujuannya supaya cepat matang,” kata Musofah, Selasa (01/06/2021).

banner 728x90

Saat itu, lanjut Musofah, Karbit diberi air dan langsung ditutup dengan plastik. “Kira-kira 5 menit setelah Karbit dipasang, tiba-tiba saja langsung meledak,” jelasnya.

Ledakan itu cukup keras. Hingga membuat kaki kanan Sutikno robek dan pendengarannya berkurang. Tak hanya itu, anaknya yakni Fatir mengalami patah tulang pada tangan kanannya serta robek. Mertua Sutikno yakni Nati yang saat itu berada di dapur, mengalami patah pergelangan tangan kiri dan robek pada jempol kiri.

“Setelah kejadian itu, semua korban dilarikan ke puskesmas untuk menjalani perawatan. Begitu mendapat informasi ledakan itu, kita langsung turun ke lokasi untuk melakukan olah TKP,” jelas Musofah.

Kesimpulan sementara, peristiwa itu terjadi karena kelalaian korban. “Itu kan Karbit dikasih air kemudian langsung ditutup plastik, ya jelas meledak lah,” ungkapnya. Musofah menambahkan, Pisang itu rencananya akan digunakan korban untuk keperluan hajatan. (sp)

banner 728x90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

No More Posts Available.

No more pages to load.